Rohani

Pengertian Bimbingan Rohani Islam

Bimbingan Rohani Islam secara umum adalah suatu proses pemberian bantuan kepada individu berdasarkan ajaran Islam agar individu mampu hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah, sehingga dapat mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Sedangkan  pengertian bimbingan rohani Islam di rumah sakit adalah salah satu bentuk pelayanan yangdiberikan kepada pasien untukmenuntun  pasien  agar  mendapatkan  keikhlasan,  kesabaran dan ketenangan dalam menghadapi sakitnya, dalam rangka mengembangkan potensi dan menyadari kembali akan eksistensinya sebagai mahluk Allah SWT, agar dapat mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.Bimbingan rohani Pasien dilakukan oleh manusia dan kepada manusia.  Oleh karena  itu Al Qur’an dan Hadist  menganjurkan  pada manusia agar memberikan bimbingan dan nasehat dengan wajar. Kedua hal  tersebut  merupakan  sumber  segala  sumber  pedoman  hidup  umat Islam, AlQur’an  dan  Sunnah  Rassul  dapatdiistilahkan sebagai landasan ideal dan konseptual bimbingan rohani Islam.

Fungsi Bimbingan Rohani Pasien

Adapun fungsi bimbingan rohani secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi Preventif: Yakni membantu individu menjaga atau mencegah timbulnya masalah bagi dirinya.
  2. Fungsi  Kuratif  atau  Korektif:  Yakni  membantu  individu  memecahkan masalah yang sedang dihadapi atau dialaminya.
  3. Fungsi  Presertatif:  Yakni  membantu  individu  menjaga  agar  situa dankondisi  yang  semula  tidak  baik  (mengandung  masalah)  menjadi  baik(terpecahkan) dan kebaikan itu bertahan lama.
  4. Fungsi Developmental/Pengembangan: Yakni membantu individu memelihara dan mengembangkan situasi dan kondisi yang telah baik agar tetap  baik  atau  menjadi lebih baik sehingga tidak memungkinkannya menjadi sebab munculnya masalah baginya.